Cara Mengobati Kucing Pilek
Cara Mengobati Kucing Pilek

Panduan Cara Mengobati Kucing Pilek

Posted on

KucingMania.net – Kucing Anda tiba-tiba bersin dengan mata berair dan sobat mungkin bertanya pada diri sendiri: Apakah kucing saya terkena pilek atau flu kucing? Bahkan kucing pun bisa mengalami pilek atau flu kucing. Dalam artikel ini kita akan mengulas apa itu flu kucing, dan khususnya apa yang menyebabkan hal ini. Dan ada beberapa cara mengobati kucing pilek yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Apakah tanda-tanda kucing terkena flu kucing? Berikut ini beberapa tanda-tandanya:

  • Tanda yang paling jelas adalah hidung meler
  • Mata bengkak dan berair
  • Sebagian besar kucing juga akan bersin
  • Kucing mungkin lesu dan tidak mau makan atau minum

Flu pada kucing sering kambuh pada kebanyakan kucing, dengan serangan bersin berulang, mata berair, dan pilek. Ada dua virus kucing bertanggung jawab untuk sebagian besar kasus flu kucing, virus Feline Herpes (Feline Viral Rhinotracheitis) dan Feline Calicivirus. Beberapa kucing dapat terinfeksi terutama anak kucing dan terus-menerus menyimpan virus di dalam tubuh mereka, membuat mereka rentan terhadap infeksi yang berulang. Dalam banyak kasus, virus akan menyerang dalam 7-10 hari, jadi perawatan suportif sangat diperlukan.

Pertanyaannya adalah apa yang kita lakukan untuk mengobati flu kucing tanpa harus membawanya ke dokter hewan? Kita bisa merawat kucing yang sedang pilek di rumah dengan beberapa syarat penting. Pastikan kucing sobat mau makan dan minum dengan teratur. Kucing bisa menjadi sangat sakit dan berpotensi terkena kondisi yang disebut lipidosis hati setelah tidak makan hanya dalam 48 jam. Karena sebagian besar kucing sakit akan mengalami penurunan seleran makan dan minum. Jika kucing sobat masih doyan makan dan minum, kita bisa memberikannya perawatan flu kucing di rumah sendiri.

Baca juga: Mengenali Tanda-Tanda Anak Kucing Sakit

Disclaimer: Saya bukan dokter hewan. Beberapa cara mengobati kucing pilek berikut ini berdasarkan pengalaman pribadi dan rekomendasi yang pernah saya dapatkan dari dokter hewan yang menangani kucing saya yang terkena flu kucing.

Cara Mengobati Kucing Pilek

Ada beberapa hal untuk mengobati kucing pilek di rumah:

1. Cara mengobati kucing pilek yang pertama adalah dengan membersihkan udara yang kotor. Udara yang kotor akan membuat area pernafasan terganggu. Jika memungkinkan, sobat bisa membeli sebuah alat humidifier yang berfungsi menjaga kebersihan dan kelembaban udara. Humidifier juga memiliki fungsi menangkal virus dan debu yang akan memicu alergi. Alat ini bagus untuk manusia dan kucing.

2. Cara mengobati kucing pilek yang berikutnya adalah bersihkan area hidung dan mata kucing dengan kain lembut yang dibasahkan. Jika kucing mengalami hidung tersumbat parah, sobat bisa menggunakan obat tetes hidung Otrivin Pediatric Nasal Drops 10 ML. Gunakan satu tetes di setiap lubang hidung 3 kali sehari selama 3-5 hari.

3. Ada 2 herbal yang bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan flu kucing, yaitu Echinacea (mirip bunga matahari) dan Lemon Balm (satu keluarga dengan tanaman mint, bentuk mirip daun mint). Namun kedua bahan ini terkadang sulit ditemukan. Ada berapa toko herbal yang menjual ramuan herbal ini.

4. Obat herbal berikutnya yang bisa diberikan untuk flu kucing adalah Allium Kapsul (kapsul bawang putih tunggal). Berikan 1 pelet kepada kucing dua kali sehari selama 5 hingga 7 hari. Pelet ini akan membuat kucing bersin-bersin. Kapsul ini bisa dibeli di toko obat herbal dengan mudah.

5. Cara mengobati kucing pilek berikutnya sobat bisa menggunakan koloida perak. Ini adalah antibiotik. Antibiotik ini juga mudah didapatkan di apotik. Jangan terlalu banyak memberikan antibiotik ini kepada kucing. Cukup berikan 1/3 dari dosis normal 3 kali dalam sehari selama 5 hari.

6. Salah satu cara terbaik untuk membantu sistem kekebalan kucing adalah dengan memastikan asupan makanan yang cukup. Hangatkan makanan kaleng kesukaannya, atau tambahkan sedikit 1/8 sendok teh bawang putih. Jika makanan regulernya tidak menggugah selera, maka beralihlah ke tuna kaleng.

Baca juga: Tips dan Cara Merawat Kucing Sakit

Yang harus sobat waspadai adalah flu kucing ini bisa menular. Jika sobat memiliki binatang peliharaan lain pastikan kucing yang sedang mengalami flu di isolasi dan jangan sampai ia berdekatan dengan kucing atau hewan lain. Beberapa cara mengobati kucing pilek diatas sudah saya aplikasikan kepada kucing saya yang pernah mengalami pilek. Jika sudah melakukan beberapa perawatan diatas namun kucing masih mengalami pilek berkepanjangan, segera bawa saja ia menemui dokter hewan.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar