Cara Mengobati Kucing Cacingan
Cara Mengobati Kucing Cacingan

Cara Mengobati Kucing Cacingan

Posted on

KucingMania.net – Kucing bisa mendapatkan berbagai parasit di usus mereka termasuk yang biasa disebut sebagai “cacing.” Ketika kucing terkena cacing, ia akan menunjukkan beberapa gejala. Kadang-kadang kucing menunjukkan sedikit gejala atau bahkan tidak ada sama sekali. Masalah cacing ini bisa memicu masalah kesehatan yang serius. Dan yang berbahaya, masalah cacingan pada kucing ini juga berbahaya bagi manusia. Nah bagaimanakah cara mengobati kucing cacingan ini?

Sebelum kita membahas lebih lanjut cara mengobati kucing cacingan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang cacingan pada kucing dan berbagai bahaya serta gejalanya. Berikut inilah beberapa jenis cacing yang umum menyerang kucing.

Apa saja jenis cacing yang paling umum menyerang kucing?

  • Cacing gelang – ini adalah cacing yang diketahui paling sering menyerang kucing. Bentuknya menyerupai spaghetti. Cacing dewasa memiliki panjang tiga hingga empat inci. Penyebaran cacing ini sebagian besar dikarenakan kucing memakan tikus yang sudah terinfeksi oleh cacing ini. Jika induk kucing terkena cacing ini, kemungkinan besar anak yang menyusu pada induk tersebut juga akan terkena cacing ini yang dibawa pada air susu.
  • Cacing tambang – ukurannya jauh lebih kecil daripada cacing gelang (ukurannya sangat kecil kurang dari satu inci). Cacing ini menyerang usus kecil. Cacing ini akan menghisap darah kucing dari dalam yang akan menyebabkan anemia yang bisa mengancam nyawa kucing. Telur cacing tambang biasanya ditularkan dalam tinja dan menetas menjadi larva, dan kucing lain dapat terinfeksi melalui makanan atau kontak kulit dengan kucing lain yang terinfeksi. Namun serangan cacing tambang pada kucing tidak terlalu sering ditemukan karena cacing ini lebih sering menyerang anjing.
  • Cacing pita – Cacing ini ukurannya panjang dan datar berkisar dari 4 hingga 28 inci. Efek cacing pita dapat menyebabkan muntah atau penurunan berat badan. Penyebaran cacing pita melalui kutu yang menyerang kucing (Baca juga: Panduan Cara Mengatasi Kutu Kucing) dan juga ketika kucing memakan tikus yang sudah terjangkit cacing pita.
  • Rat Lungworm – ketika kucing terkena cacing ini, ia akan menunjukkan gejala batuk. Kucing biasanya terinfeksi setelah makan burung atau hewan pengerat yang telah terinfeksi cacing ini.
Cara Mengobati Kucing Cacingan
Cacing gelang yang menyerang kucing

Gejala Kucing Cacingan

Ketika kucing terkena masalah cacingan, gejalanya bisa berbeda tergantung cacing yang menyerangnya. Namun secara umum berikut ini tanda-tanda kucing terkena cacingan:

  • Diare
  • Cacing terlihat di tinja atau segmen cacing terlihat dekat anus
  • Anus berdarah
  • Perut kembung atau membulat/buncit
  • Berat badan turun
  • Muntah
  • Sembelit
  • Batuk
  • Sulit bernapas
  • Selera makan tinggi namun tubuh tidak berisi/gemuk
  • Mata berselaput putih dan terlihat sayu

Bagaimana cara mengobati kucing cacingan? Perawatan terbaik untuk mengobati cacingan pada kucing tentu saja dengan membawanya menemui dokter hewan agar dilakukan observasi menyeluruh terhadap kucing. Namun ada kalanya kita bisa mengobati sendiri kucing cacingan dengan memberikannya obat cacing yang bisa dibeli di toko perlengkapan hewan.

Disclaimer: Saya bukan dokter hewan. Obat-obatan yang saya sarankan berikut ini adalah beberapa obat yang ampuh untuk mengobati cacingan pada kucing (tergantung jenis cacing) berdasarkan saran dan pengalaman komunitas kucing.

Cara Mengobati Kucing Cacingan

#1. Cara mengobati kucing cacingan yang pertama yaitu dengan menggunakan bahan herbal biji labu mentah. Biji labu mempunyai sifat anti parasit. Caranya giling/blender biji labu mentah hingga lembut kemudian campurkan dengan takaran 1 sendok teh dengan makanan basah kucing. Berikan setiap hari karena cara ini efektif membunuh cacing.

#2. Cara mengobati kucing cacingan berikutnya adalah dengan memberikannya Pyrantel atau Combantrin. Dua obat ini efektif untuk mengobati cacing gelang.

#3. Obat cacing berikutnya yang bisa diberikan kepada kucing cacingan adalah BIO-DEWORMER. Obat ini memiliki fungsi membunuh cacing pada hati, usus, dan lever kucing serta membunuh telur cacing dan memutus rantai perkembangan cacing yang ada pada tubuh kucing.

#4. Cara mengobati kucing cacingan berikutnya adalah dengan menggunakan Albendazole. Obat ini untuk mengobati cacing gelang (nematoda, termasuk cacing paru), cacing pita (cestoda) dan cacing hati (Fasciola spp./ Distomatosis).

#5. Obat berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi cacingan pada kucing adalah Bivermectin 1%. Obat ini digunakan untuk mengatasi cacing yang menyerang paru, ginjal dan hati.

#6. Dan yang paling terkenal efektif untuk mengobati kucing cacingan adalah dengan menggunakan Drontal. Ini adalah obat khusus untuk mengobati cacing pada kucing.

WAJIB DIKETAHUI: 

  • Jika berat badan kucing dibawah 1 KG, JANGAN memberikan obat cacing sembarangan. Ada baiknya kucing kecil yang memiliki bobot tubuh dibawa 1 KG dibawa menemui dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Berikan dosis sesuai berat tubuh kucing. Contoh: 1 tablet Drontal diperuntukkan kucing berbobot 4 KG. Jika bobot kucing dibawah 4 Kg, gunakan takaran yang sesuai. Jika berat kucing 2 KG maka berikan separuh tablet drontal.
  • Untuk hasil efektif, berikan obat cacing ketika kucing dalam keadaan lapar.
  • Hati-hati memberikan dosis obat cacing, karena jika berlebihan maka obat cacing bisa menyebabkan kucing sekarat dan kematian.

Baca juga: Mewaspadai Kucing Sesak Nafas dan Penanganannya

Itulah beberapa cara mengobati kucing cacingan dengan menggunakan obat-obatan yang memang khusus untuk membunuh cacing pada hewan peliharaan. Alangkah lebih baik mencegah kucing terkena cacingan dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal sekitar kita dan kucing. Ingat, cacingan pada kucing bisa menular dan berbahaya juga bagi manusia yang berada di sekitar kucing.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar