Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Rumah

Sobat memiliki masalah dengan kutu kucing yang bertebaran di rumah? Sobat bisa mencoba cara menghilangkan kutu kucing di rumah yang akan diulas di artikel ini.

Kutu kucing adalah sumber masalah yang merugikan siapapun. Selain menyerang dan mengganggu kucing, kutu kucing terutama kutu pinjal yang memang gemar loncat sana-sini terkadang bersembunyi di lingkungan sekitar manusia. Dan efek terburuknya, kutu pinjal tersebut juga akan menggigit kulit manusia. Jika sudah tersebar di lingkungan tinggal kita, bagaimana cara menghilangkan kutu kucing di rumah kita tersebut?

Gigitan kutu kucing akan membuat kucing heboh menggaruk-garuk tubuhnya. Dan kutu kucing yang tersebut juga bisa menggigit manusia yang berada di lingkungan kutu-kutu tersebut. Efek gigitannya sangat gatal dan bahkan cenderung menyakitkan. Bahkan dalam beberapa kasus, gigitan kutu pinjal ke kulit manusia bisa menyebabkan iritasi kulit parah.

Kulit yang digigit kutu kucing akan merah dan bisa muncul ruam yang sangat mengganggu. Tentu saja masalah ini harus segera kita atasi supaya hidup kita bebas dari ancaman teror kutu pinjal tersebut. Selain membasmi kutu yang ada di seluruh tubuh kucing, kutu pinjal yang sudah menyebar di rumah juga harus segara dibasmi.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Rumah

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya sudah mencoba beberapa cara menghilangkan kutu kucing di rumah. Baik cara tradisional maupun menggunakan cairan kimia sudah saya coba. Dan sejauh ini ada 1 cara yang paling ampuh untuk mengatasi kutu kucing yang ada di rumah kita.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Rumah
Gigitan kutu pinjal pada kulit manusia

Salah satu produk yang pernah saya coba dan ampuh untuk mengatasi kutu yang bertebaran di rumah kita adalah Mefisto Desinfektan.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Rumah
Mefisto Desinfektan

Cara menghilangkan kutu kucing di rumah menggunakan Mefisto Desinfektan:

Alat yang harus tersedia adalah semprotan dengan ukuran 1 liter. Semprotan 1 liter mudah dibeli di toko perlengkapan rumah tangga atau petshop.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Rumah
Semprotan 1 Liter

Takaran dan penggunaan Mefisto Desinfektan:

1. Penggunaan awal diasumsikan kutu pinjal sudah menyebar di seluruh rumah dalam kondisi parah. Takaran penggunaan adalah 20 ML dicampur dengan 1 liter air. Semprotkan pada kandang dan seluruh lingkungan rumah dimana kucing sobat sering nongkrong. Sofa dan kasur di kamar biasanya menjadi tempat favorit kutu pinjal bersembunyi.

Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu dan pastikan semua sudut-sudut sempit tersemprot dengan baik. Dalam 1 hingga 2 mingguan biasanya kutu pinjal yang bersembunyi di lingkungan rumah bisa terbasmi dengan baik.

2. Setelah itu lakukan penyemprotan secara rutin untuk mencegah kutu pinjal kembali di tiap sudut ruangan rumah sobat. Untuk perawatan, takaran yang digunakan adalah 10 ML dicampur dengan 1 liter air. Tidak perlu terlalu sering menyemprot, cukup lakukan setiap 1 kali dalam dua minggu.

3. Untuk perawatan lingkungan rutin, cairan Mefisto Desinfektan juga bisa ditambahkan pada air untuk mengepel lantai. Takarannya cukup 5 ML dicampur dengan 1 liter air.

Peringatan: jangan disemprot langsung ke kucing. Berbahaya dan bisa menyebabkan keracunan serta berujung kematian.

Selain berusaha membasmi kutu pinjal yang berkeliaran di rumah, tentu saja sumber utama masalah kutu ini harus dibasmi. Yaitu tentu dengan membasmi kutu yang ada di tubuh kucing. Percuma saja selalu rutin menyemprot rumah namun sumber utama tidak dibasmi.

Baca juga: Panduan Cara Mengatasi Kutu Kucing

Kucingmania.net

Efek buruk kutu bagi kucing:

  • Bulu kucing mudah rontok.
  • Tubuh kucing tidak mampu menyerap nutrisi dengan baik.
  • Pada kasus parah, kucing juga bisa mengalami Anemia.
  • Kebotakan.

Oleh karena itu, demi kebaikan kucing dan pemiliknya memang masalah kutu ini sebisa mungkin harus dituntaskan. Selain mengganggu kehidupan kucing, kita sebagai pemilik juga akan direpotkan oleh kelakuan kutu yang menyebar di rumah kita. Semoga cara ini bermanfaat dan berhasil mengatasi kutu kucing di rumah sobat.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar