Cara Menggemukkan Kucing

Kucing Anda kurus dan kering? Bagaimana ya cara menggemukkan kucing dengan cepat supaya kucing makin montok dan selalu sehat?

Salah satu nilai plus ketika memelihara kucing adalah penampilannya yang menarik. Beberapa orang yang bukan penggemar kucing pun pasti akan gemas melihat kucing yang gemuk. Kucing gemuk seolah menjadi simbol kelucuan, kemapanan dan kemakmuran.

Menggemukkan Kucing
Ilustrasi Kucing yang Gemuk

Namun bagaimana jika kucing kita terlihat kurus seperti kekurangan gizi padahal kita sudah memberikannya makanan secara rutin? Apakah ada cara menggemukkan kucing dengan cepat?

Ada beberapa hal yang harus dievaluasi dan mulai memperhatikan pola serta bahan makanan yang diberikan kepada kucing kita. Beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk menggemukkan kucing adalah pola pemberian makanan, vitamin pendukung, dan beberapa hal pendukung lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Kucing Gemuk?

1. Obat Cacing

Poin pertama yang paling penting dalam memulai menggemukkan kucing adalah memberikan kucing obat cacing. Percuma kita memberi makan berkilo-kilo tapi kucing cacingan. Usia aman memberikan obat cacing adalah ketika kucing berusia 8 minggu (2 bulan).

Merk obat cacing untuk kucing paling sering digunakan adalah Drontal. 1 tabet Drontal digunakan untuk kucing berbobot 4 kg. Jika kucing sobat berbobot 1 kg, maka berikan Drontal 1/4 saja dan seterusnya.

Kami memiliki panduan bagaimana cara mengobati cacingan pada kucing. Silahkan baca artikel berikut ini.

Baca juga:

2. Memilih Kandungan Gizi yang Tepat

Makanan yang cepat menggemukkan kucing adalah yang mengandung banyak protein. Daging ayam, ikan tuna, salmon, tongkol dan semacamnya mengandung banyak protein yang sangat bagus untuk kucing.

Jangan lupakan tempe juga mengandung banyak protein yang bisa diberikan kepada kucing. Campuran ikan dan tempe yang dikukus adalah perpaduan yang sangat oke untuk membantu proses penggemukan kucing secara cepat.

Dry food atau makanan kering yang cepat untuk menggemukkan kucing adalah yang mengandung banyak protein.

Baca juga:

3. Jadwal Makan

Berikan makan kepada kucing tiap 2-3 jam sekali. Bisa dikatakan pemberian makanan dengan pola ini adalah berlebihan. Namun jika sobat ingin mempunyai kucing yang gemuk, pola makan seperti ini sudah terbukti cepat dalam membantu proses penggemukan kucing.

4. Vitamin

Berikan vitamin penggemuk kucing. Dengan mudah sobat bisa membeli vitamin penggemuk kucing seperti “Super Cat” atau “Body Fat Cat Fattener” yang bisa dicampurkan di makanan. Vitamin ini sangat-sangat manjur untuk membantu proses penggemukan kucing.

Rutin memberikan vitamin untuk mendukung kesehatan dan menjaga nafsu makan kucing. Vitamin yang aman dan bagus untuk kucing adalah Curcuma Plus atau Biolysin.

Tambahkan Pet Stimulant pada makanan kucing yang kurus. Pet Stimulant adalah perangsang nafsu makan yang aman dikonsumsi oleh kucing.

5. Nutrisi Tambahan

Berikan kuning telur sehari 1 kali. Cara memberikan kucing telur pada kucing sobat bisa membaca di artikel Cara Memberikan Kuning Telur Pada Kucing.

Berikan minyak ikan secara rutin kepada kucing. Sobat bisa membaca artikel berjudul “Fungsi Minyak Ikan Untuk Kucing” untuk mengetahui secara lengkap tentang minyak ikan bagi kucing.

Cara Menggemukkan Kucing dengan cepat
Bagaimana cara menggemukkan kucing dengan cepat? (shutterstock)

6. Sterilisasi

Steril atau kastrasi kucing juga terbukti secara pesat menggemukkan kucing. Silahkan membaca artikel “Manfaat Steril Kucing atau Kastrasi Kucing” untuk mengetahui lebih lengkap.

Makanan Penggemuk Kucing

Makanan-makanan berikut ini sangat baik diberikan kepada kucing agar cepat gemuk.

1. Makanan Alami

Ada beberapa makanan alami yang sangat baik dan terbukti bisa menggemukkan kucing dengan cepat. Makanan yang bisa sobat berikan adalah seperti:

  • Tuna, tongkol, salmon, lele dan patin. Makanan ini mengandung banyak nutrisi dan gizi yang membuat kucing cepat gemuk
  • Daging ayam (bagian dada lebih bagus), daging sapi, kambing, domba dan kalkun.

Sajikan makanan diatas dalam keadaan matang. Sobat bisa mengukus atau merebusnya dulu hingga benar-benar matang.

Makanan rumahan yang biasa dikonsumsi manusia yang bisa dimakan kucing untuk menambah berat badan adalah seperti telur orak-arik tanpa mentega atau tambahan bumbu merupakan sumber protein dan lemak yang bagus, dan kebanyakan kucing sangat doyan dengan telur.

Memberikan yogurt murni juga sangat bagus untuk kucing, yogurt menyediakan probiotik yang baik untuk membantu pencernaan kucing. Makanan kalengan sarden atau mackerel juga memiliki kadar protein dan lemak sehat yang baik, dan kucing pasti akan sangat menyukai makanan ini.

2. Dry Food atau Makanan Kering

Makanan kucing kampung agar cepat gemuk berikutnya adalah makanan kering khusus kucing atau dry food. Ada beberapa makanan kering khusus kucing yang bisa menggemukkan kucing dengan cepat. Berikut ini adalah makanan kering yang bisa sobat berikan:

  • Pro Plan
  • Equilibrio
  • Royal Canin
  • Maxi
  • Bolt
  • Minino Plus.

3. Makanan Basah

Makanan basah khusus kucing pilihannya tidak sebanyak makanan kering. Makanan basah berikut ini bisa sobat berikan hanya sebagai selingan pemberian makanan:

  • Whiskas
  • Friskies
  • Fancy Feast.

Agar kucing cepat gemuk, faktor utama yang harus diperhatikan adalah pemberian makanan. Supaya cepat gemuk, kucing lebih banyak membutuhkan makanan yang mengandung kalori dan protein.

Jika kucing sobat sudah berusia diatas 1 tahun dan dia masih kurus, memberikan makanan anak kucing juga sangat baik bagi kucing dewasa.

Bagaimana jika sudah dilakukan hal-hal diatas namun kucing tidak gemuk? Bisa jadi ada yang salah dengan kondisi fisik kucing terutama kucing yang sudah dewasa. Beberapa kondisi gangguan kesehatan bisa menyebabkan kucing sulit gemuk. Beberapa penyakit tersebut adalah:

  • Hipertiroid
  • Diabetes
  • Masalah ginjal yang serius
  • Kanker
  • Cacingan
  • Radang mulut atau masalah gangguan kesehatan rongga mulut
  • Gangguan bakteri E.coli
  • Stres
  • Flu.

Kesimpulan

  • Jika sobat memberikan makanan seperti ikan, daging sapi atau ayam dan makanan mentah lainnya, masaklah terlebih dahulu. Karena jika diberikan dalam kondisi mentah bisa berbahaya bagi kucing karena rawan mengandung bakteri seperti Salmonella. Dan jangan lupa untuk memberikan mereka minuman berdampingan dengan makanan mereka
  • Jika nafsu makan kucing rendah, berikan kuning telur dalam keadaan mentah dan boleh setengah matang kepada kucing. Tambahkan sedikit madu dalam campuran kuning telur tersebut. Kalau kucing tidak mau memakan kuning telur tersebut, berikan langsung kepada kucing dengan menggunakan sepet/spuit (alat suntik namun tanpa jarumnya). Tambahkan sedikit air agar kuning telur sedikit encer, kemudian masukkan dalam sepet dan kemudian masukkan ke mulutnya melalui mulut bagian samping (jangan dari depan)
  • Berikan nutrisi tambahan seperti minyak ikan secara rutin
  • Beri makan 2 hingga 3 jam agar kucing cepat gemuk.

Namun ingat ya sobat, kucing ketika terlalu gemuk juga bisa mengalami gangguan kesehatan sama seperti manusia. Gangguan kegemukan atau obesitas bisa memicu kelainan organ dalam pada kucing seperti gangguan jantung dan ginjal.

Ketika kucing sudah terlihat cukup gemuk, ada baiknya sobat memberikan makanan secukupnya dan terjadwal dengan baik. Yang penting kucing sehat dan bahagia adalah hal yang lebih penting bagi kehidupan mereka.

Itulah beberapa cara menggemukkan kucing dengan memberikan makanan yang tepat serta mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing.

Jika sobat sudah memberikan makanan yang berkualitas namun kucing tidak bisa gemuk, sudah saatnya membawa kucing ke dokter hewan untuk memantau kondisi kesehatan mereka.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar