Cara Menggemukkan Kucing Kampung
Cara Menggemukkan Kucing Kampung

Cara Menggemukkan Kucing Kampung

Posted on

KucingMania.net – Sering kita melihat di jalan-jalan banyak kucing kampung liar yang terlihat kurus. Dan muncul niat untuk memelihara kucing tersebut. Namun masalahnya adalah si kucing terlihat sangat kurus. Hal ini sangat wajar karena kucing kampung liar tidak memiliki pola makan yang teratur serta memperoleh nutrisi yang cukup. Nah, sekarang timbul pertanyaan, bagaimanakah cara menggemukkan kucing kampung tersebut?

Kucing kampung yang sudah terbiasa liar beberapa diantaranya cukup sulit untuk diberi makan. Karena mereka terbiasa mencarinya di tempat sampah dan makanan-makanan sisa. Namun ada beberapa yang sangat antusias ketika kita memberikan mereka makanan. Cara menggemukkan kucing kampung bisa dilakukan secara bertahap. Yang terpenting adalah sobat harus tetap memberikan mereka makanan dengan pola dan jadwal yang ketat agar mereka terbiasa dengan pola makan dan tidak meminta makanan terus-terusan yang malah nantinya akan membuat mereka kegemukan dan obesitas.

Cara Menggemukkan Kucing Kampung
Tips dan cara menggemukkan kucing kampung

Cara Menggemukkan Kucing Kampung

Untuk menggemukkan kucing, berikan makanan yang mengandung banyak protein, mineral, kalori dan vitamin. Berikut ini beberapa makanan yang bisa digunakan untuk menambah berat badan kucing kampung yang kurus:

1. Berikan makanan khusus kucing yang tinggi kalori. Makanan basah mengandung nutrisi yang lebih baik dan lebih menarik bagi kucing. Makanan basah adalah pilihan terbaik untuk menggemukkan kucing.

2. Berikan makanan ikan seperti tuna, sarden dan salmon yang dimasak. Ikan-ikan ini memang dari segi harga cukup mahal bagi kucing kampung. Namun tidak masalah jika sesekali mereka mendapatkan makanan mewah seperti ini.

3. Cara menggemukkan kucing kampung yang berikutnya yaitu dengan memberikan mereka dada ayam yang dipotong-potong kemudian dimasak. Sobat bisa merebusnya tanpa memberikan campuran bumbu.

4. Berikan telur orak-arik tanpa diberi bumbu untuk variasi makanannya.

5. Tambahkan Pet Stimulant pada makanan kucing kampung yang kurus. Pet Stimulant adalah perangsang nafsu makan yang aman dikonsumsi oleh kucing.

6. Hindari makanan yang mengandung jagung, kedelai, sereal dan biji-bijian karena sulit dicerna dan tidak bermanfaat bagi kucing (terutama dalam jangka panjang).

7. Cara menggemukkan kucing kampung berikutnya yaitu dengan memberikan makanan kering khusus kucing. Banyak makanan kering khusus kucing yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing.

Tips:

  • Jika sobat memberikan makanan seperti ikan, daging sapi atau ayam dan makanan mentah lainnya, masaklah terlebih dahulu. Karena jika diberikan dalam kondisi mentah bisa berbahaya bagi kucing karena rawan mengandung bakteri seperti Salmonella. Dan jangan lupa untuk memberikan mereka minuman berdampingan dengan makanan mereka.
  • Jika nafsu makan kucing rendah, berikan kuning telur dalam keadaan mentah dan boleh setengah matang kepada kucing. Tambahkan sedikit madu dalam campuran kuning telur tersebut. Kalau kucing tidak mau memakan kuning telur tersebut, berikan langsung kepada kucing dengan menggunakan sepet/spuit (alat suntik namun tanpa jarumnya). Tambahkan sedikit air agar kuning telur sedikit encer, kemudian masukkan dalam sepet dan kemudian masukkan ke mulutnya melalui mulut bagian samping (jangan dari depan).
  • Berikan nutrisi tambahan seperti minyak ikan secara rutin.

Baca juga: Makanan Penggemuk Kucing – Gemukkan Si Kurus ‎

Yap itulah beberapa cara menggemukkan kucing kampung dengan memberikan makanan yang tepat serta mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing. Jika sobat sudah memberikan makanan yang berkualitas namun kucing tidak bisa gemuk, sudah saatnya membawa kucing ke dokter hewan untuk memantau kondisi kesehatan mereka.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar