Rumus Cara Mengetahui Umur Kucing

Bagaimana cara mengetahui umur kucing? Untuk mengetahui umur kucing secara pasti bagi masyarakat awam tentu saja sulit. Terutama untuk mengetahui umur kucing-kucing liar yang kita tidak tahu kapan lahirnya. Jadi seandainya sobat mengadopsi kucing jalanan dan tidak tahu kisaran usianya, tentu cara terbaik adalah menanyakan ke dokter hewan karena mereka mengetahui rumusnya.

Dokter hewan mampu memperkirakan umur kucing dengan memperhatikan gigi kucing. Bagi orang yang sudah terbiasa bergulat dengan kucing, secara insting mereka juga bisa memperkirakan umur kucing terutama ketika masih berusia muda dibawah 1 tahun. Sobat juga bisa kok jika mau mencoba untuk menebak umur kucing.

Disini akan saya uraikan rumus yang biasanya digunakan oleh para dokter hewan untuk memperkirakan umur kucing. Sobat bisa menggunakan rumus ini jika ingin mencoba sendiri untuk mengetahui umur kucing.

Coba sobat perhatikan gambar berikut ini yang menunjukkan rumus gigi kucing domestik.

Cara Mengetahui Umur Kucing
Gambar rumus gigi kucing domestik

Keterangan dari gambar diatas adalah:

  • Incisors (I) = Gigi seri.
  • Canine (C) = Gigi taring.
  • Premolars (P) = Gigi geraham depan.
  • Molars (M) = Gigi geraham belakang.

Sedangkan rumus gigi kucing domestik adalah:

I (3/3), C (1/1), P (3/2), M (1/1)

3/3 artinya adalah: 3 buah gigi di bagian kanan atas / 3 buah di bagian kanan bawah dan simetris ke bagian kiri atau sebaliknya.

Dengan rumus diatas, maka dokter hewan akan mampu menentukan kisaran usia kucing. Pertumbuhan gigi pada kucing akan dimulai pada gigi susu terlebih dahulu.

Urutan pertumbuhan gigi pada kucing domestik akan mengikuti pola sebagai berikut:

  1. Gigi seri akan tumbuh pada usia 2 hingga 4 minggu.
  2. Gigi taring akan mulai tumbuh pada usia 3 hingga 4 minggu.
  3. Geraham depan akan mulai tumbuh pada usia 4 hingga 6 minggu.
  4. Geraham belakang akan tumbuh pada usia 7 sampai 8 minggu.

Dengan rumus dan teori diatas, kita bisa mengambil contoh cara mengetahui umur kucing sebagai berikut:

Jika ada seekor kitten memiliki gigi seri yang lengkap sedangkan gigi taring baru muncul pada bagian kanan, maka kemungkinan besar umurnya adalah 3 mingguan. Dan jika geraham belakang belum tumbuh sedangkan gigi lain sudah tumbuh lengkap, kemungkinan besar umurnya adalah 5 hingga 6 mingguan.

Sampai titik ini apakah sobat bisa memahami?

Cara Mengetahui Umur Kucing
Kitten berusia 2 mingguan

Yang perlu diketahui berikutnya adalah, gigi susu ini akan mulai tanggal atau copot satu persatu dan akan berganti ke gigi tetap pada kucing berusia 5 hingga 6 bulanan.

Baca juga: 7 Hal yang Tidak Disukai Kucing

Nah jika kucing dewasa, bagaimana cara mengetahui umur kucing tersebut?

Kucing dewasa dipastikan sudah memiliki gigi yang tetap. Untuk memperkirakan umurnya adalah dengan melihat kerusakan pada giginya dan gangguan pada mata.

  1. Jika muncul warna kekuningan pada bagian geraham (ini adalah tanda karang gigi), maka kemungkinan besar umur kucing berada di umur 1 hingga 2 tahunan.
  2. Jika warna kekuningan muncul merata di semua gigi kucing, maka kisaran umur kucing berada di usia 3 hingga 5 tahunan.
  3. Jika kondisi gigi sudah tidak rapi, tergerus dan sebagian copot atau ompong, maka umur kucing ada di kisaran 5 hingga 10 tahunan.
  4. Jika mayoritas gigi sudah ompong, maka usia kucing sudah diatas 10 tahunan.
  5. Jika mata kucing mengalami Katarak, maka sudah dipastikan usia kucing ada diatas 10 tahun.

Cara diatas biasanya lebih mudah dilihat pada kucing-kucing yang jarang mendapatkan perawatan gigi.

Bagaimana apakah sobat sudah mendapatkan gambaran cara mengetahui umur kucing dengan membaca rumus dan teori diatas? Semoga bermanfaat.

Kredit dan sumber: Drh. Pangda SophaSumber.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar