5 Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan

Bagaimana cara agar kucing tidak buang kotoran sembarangan? Butuh usaha yang intensif untuk mengatasi kucing buang kotoran sembarangan. Berikut ini caranya.

Kucing peliharaan dan terutama kucing liar kerap buang kotoran sembarangan. Jika kucing liar buang kotoran sembarangan tentu adalah hal yang wajar, namun jika kucing peliharaan kita buang kotoran sembarangan tentu saja ada hal yang salah pada si kucing.

Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan
Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan (shutterstock)

Masalah seperti ini kerap dihadapi oleh orang-orang yang hidup berdampingan dengan kucing. Kunci untuk menyelesaikan masalah ini adalah mencari tahu mengapa kucing Anda buang air besar di tempat yang tidak seharusnya.

Kenapa Kucing Buang Kotoran Sembarangan?

Ada berbagai alasan yang menyebabkan kucing (baik peliharaan maupun liar) sering buang kotoran sembarangan. Berikut ini beberapa penyebabnya.

Gangguan Kesehatan

Jika kucing sebelumnya sudah terlatih dan rutin buang kotoran di kotak pasirnya, dan kemudian tiba-tiba dia buang kotoran sembarangan bisa jadi kucing sedang mengalami masalah kesehatan.

Biasanya yang menyebabkan kucing tidak sempat buang kotoran adalah penyakit seperti diare parah atau gangguan pada organ kemihnya. Dalam kondisi diare yang parah, ketika kucing berlarian, biasanya kotoran yang sangat cair akan menetes begitu saja dari anus.

Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan
Bagaimana Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan? (shutterstock)

Sama seperti ketika kucing memiliki masalah dengan organ kemihnya, dalam beberapa kondisi gangguan kesehatan, urin akan menetes begitu saja karena ada masalah dengan saraf di sekitar organ vitalnya (kucing tidak bisa mengontrol kandung kemih).

Oleh karena itu penting untuk memperhatikan feses si kucing apakah bentuknya cair atau padat. Jika feses sangat cair dan menetes begitu saja, bisa jadi kucing sedang mengalami diare parah. Potensi gangguan kesehatan lain yang bisa menggangu proses kucing buang kotoran adalah sembelit.

Stres atau Gangguan Perilaku

Stres atau gangguan perilaku biasanya muncul karena ada penyebabnya. Jika kucing sudah dipastikan tidak sedang sakit dan kemudian tiba-tiba sering buang kotoran sembarangan, pasti ada pemicunya.

Berikut ini beberapa gangguan perilaku yang biasanya menyebabkan kucing pada akhirnya buang kotoran sembarangan.

Birahi

Kucing ketika birahi (terutama jantan) akan melakukan hal yang dinamakan spraying. Yaitu aktifitas menyemprotkan urinnya di beberapa sudut ruangan untuk menegaskan bahwa itu adalah wilayahnya.

Bahkan dalam beberapa kasus, kucing sengaja BAB di sembarang tempat untuk menegaskan dominasinya di wilayah tersebut. Fesesnya akan meninggalkan bau yang merupakan peringatan bagi pejantan lain bahwa itu adalah wilayahnya.

Kotak Pasir Terlalu Kotor

Kucing memiliki naluri sebagai hewan yang sangat menyukai kebersihan. Bahkan hal ini berlaku untuk kucing liar sekalipun. Mereka kerap melakukan perawatan pribadi secara rutin yang biasa kita sebut dengan grooming.

Banyak kucing yang tidak menyukai ketika melihat kotak pasirnya dalam keadaan kotor. Tumpukan feses dan gumpalan urin dalam pasir bagi beberapa kucing dianggap sebagai hal yang harus dihindari. Ujung-ujungnya, kucing pun pada akhirnya lebih memilih buang kotoran di tempat lain yang dia anggap lebih “layak”.

Bahkan bisa jadi kucing secara sengaja buang kotoran sembarangan untuk menunjukkan rasa protes kepada pemiliknya karena kondisi ini.

Penempatan Kotak Pasir

Beberapa kucing memiliki sifat yang sangat tertutup atau “privasi”. Penempatan kotak pasir di tempat yang dia anggap kurang layak bisa menjadi alasan lain kenapa kucing suka buang kotoran sembarangan.

Salah satu tempat yang tepat untuk menaruh kotak pasir adalah di tempat yang sepi dan tenang serta sering atau mudah dijangkau oleh kucing. Jangan taruh kotak pasirnya di tempat terbuka.

Perubahan Rutinitas

Kucing adalah hewan yang sangat menyukai rutinitas. Jika ada perubahan terhadap rutinitasnya, tidak semua kucing bisa cepat beradaptasi. Contohnya, mungkin kucing baru saja pindah rumah atau berganti pemiliki sehingga kondisinya stres.

Pendatang Baru

Kedatangan kucing peliharaan baru bisa menjadi pemicu lain. Kenyamanan yang selama ini dimiliki kucing seolah mendapatkan ancaman dengan kedatangan kucing peliharaan baru.

Saya pribadi sering mengalami hal ini. Beberapa kucing dewasa yang sudah lama saya pelihara biasanya merasa mendapatkan ancaman dengan kedatangan kucing baru terutama anak-anak kucing (kitten). Banyak kucing jantan dewasa cukup sulit menerima kedatangan kitten baru.

Untuk menunjukkan dominasi dan mengungkapkan perasaan protesnya, kucing bisa dengan secara sengaja buang kotoran sembarangan.

Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan
Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan (shutterstock)

Salah satu pengalaman terparah adalah, pernah salah satu kucing peliharaan jantan dewasa, dengan sengaja BAB di selimut ketika saya sedang tidur di malam hari. Hal ini dipicu karena sehari sebelumnya saya baru saja membawa kitten yang saya temukan di jalanan.

Bagaimana Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan?

Apapun alasan yang menyebabkan kucing buang kotoran sembarangan, tentu kita harus segera menyelesaikan permasalahan ini. Kucing peliharaan maupun kucing liar bisa dicegah untuk buang kotoran di titik tertentu dengan salah satu cara berikut ini.

Bersihkan Kotak Kotoran Secara Rutin

Hal ini berlaku untuk kucing peliharaan. Saran terbaik saya adalah rutin bersihkan kotoran di pasirnya sesering mungkin (terutama feses). Jangan menunggu hingga 1 hari penuh untuk membersihkan kotak pasirnya.

Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan
Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan (shutterstock)

Setelah kucing selesai BAB, segera buang atau sisihkan feses tersebut. Jadi pasirnya akan selalu dalam keadaan bersih. Ini adalah hal yang simpel dan mudah serta tidak membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk melakukannya.

Saya sudah menerapkan cara ini bertahun-tahun memelihara kucing dan sejauh ini belum pernah mengalami serangan kucing buang kotoran sembarangan.

Keuntungan lainnya adalah, jika feses rutin dibersihkan dari pasirnya, hal ini akan meminimalisir kucing menginjak feses tersebut. Tentu jika kotoran itu terinjak, kucing akan berjalan kemana-mana dengan membawa kotoran tersebut di kakinya.

Tempatkan Lebih Dari Satu Kotak Pasir

Menempatkan dua kotak pasir di titik yang berbeda juga sangat manjur untuk diterapkan. Katakanlah satu kotak pasir ada di bagian belakang rumah dan kotak pasir lain ada di sudut lain dimana kucing suka bersantai.

Cat Repellent

Cat Repellent adalah cairan yang diformulasikan khusus memiliki bau yang sangat tidak disukai kucing. Bentuknya bisa dalam bentuk cairan atau gel. Caranya cukup dengan menyemprotkan atau menaruh gel di titik dimana kucing biasa buang kotoran sembarangan.

Cara agar kucing tidak buang kotoran sembarangan dengan Cat Repellent
Cara agar kucing tidak buang kotoran sembarangan dengan Cat Repellent

Gambar di atas adalah salah satu contoh produk Cat Repellent yang bisa dibeli di beberapa toko online.

Penggunaan Cat Repellent bisa diterapkan untuk mengatasi kucing liar yang mungkin sering buang hajat di taman atau titik manapun di sekitar area rumah kita. Cat Repellent juga bisa digunakan sebagai terapi membiasakan kucing peliharaan untuk buang kotoran di kotak pasirnya.

Kucing sangat tidak menyukai bau yang dihasilkan oleh Cat Repellent dan akan menghindari tempat yang sudah disemprot.

Penting: jangan menyemprotkan Cat Repellent langsung ke kucing! Hanya untuk disemprotkan di permukaan di mana kucing biasa buang kotoran sembarangan.

Ganti Pasir

Sudah pernahkan sobat mencoba mengganti jenis pasir kucing? Beberapa kucing kurang menyukai jenis pasir tertentu. Apapun jenis pasir yang selama ini digunakan dan kucing masih sering buang kotoran sembarangan, cobalah ganti dengan pasir jenis lain.

Baskom Air

Cara ini kadang sukses dan terkadang tidak. Caranya hanyalah menempatkan beberapa baskom kecil berisi air di beberapa sudut ruangan dimana kucing sering buang kotoran sembarangan. Artinya bukan nanti kucing akan disiram air dalam baskom ini ya.

Kucing akan mengira (setidaknya seperti itu) bahwa itu adalah tempat air minumnya. Dan kucing tentu tidak akan buang kotoran dimana itu adalah tempatnya untuk minum.

Kesimpulan

Banyak hal yang menyebabkan kenapa kucing suka buang kotoran sembarangan. Kondisi gangguan kesehatan atau gangguan perilaku seperti stres juga bisa menjadi penyebabnya.

Jika sobat sudah menerapkan cara agar kucing tidak buang kotoran sembarangan yang sudah disebutkan di atas dan belum mendapatkan hasil menggembirakan, ada baiknya kucing segera dibawa ke dokter hewan untuk diobservasi kondisi kesehatannya.

Baca juga:

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar