Cara Agar Kucing Gemuk
Cara Agar Kucing Gemuk

Cari Cara Agar Kucing Gemuk? Ini Lho Caranya

Posted on

KucingMania.net – Salah satu nilai plus ketika memelihara kucing adalah penampilannya yang menarik. Beberapa orang yang bukan penggemar kucing pun pasti akan gemas melihat kucing yang gemuk. Kucing gemuk seolah menjadi simbol kelucuan, kemapanan dan kemakmuran. Nah, mungkin sobat saat ini punya kucing yang kurang gemuk dan bingung mencari cara agar kucing gemuk?

Pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa tips dan cara agar kucing bisa menjadi gemuk (dan diharapkan sehat tentunya). Sebenarnya kunci untuk menggemukkan kucing adalah faktor makanan, pola aktifitas fisik dan kesehatan pencernaan. Berikut ini saya akan mengulas beberapa cara agar kucing gemuk yang bisa sobat terapkan pada kucing kesayangan.

Cara Agar Kucing Gemuk

1. Obat Cacing

Pemberian obat cacing sangat penting untuk kesehatan pencernaan kucing. Diberi makanan semahal dan semewah apapun tidak akan mampu terserap nutrisinya oleh kucing jika ia menderita cacingan. Sebelum memulai program penggemukan kucing, segera berikan obat cacing kepada kucing kesayangan sobat. Panduan lengkap sobat bisa membaca artikel berikut ini: Cara Mengobati Kucing Cacingan.

2. Makanan

Makanan adalah faktor utama yang bisa menggemukkan kucing. Ada beberapa jenis makanan kucing instan yang saat ini dijual di pasaran. Jika sedang dalam program penggemukan kucing, maka sobat harus memilih makanan yang diperuntukkan untuk menggemukkan kucing. Salah satu contoh produk yang sudah sangat terbukti mampu menggemukkan kucing adalah Royal Canin Persian 30. Alternatif yang memiliki harga terjangkau gunakan merk Pro Plan. Merk makanan murah seperti Whiskas tidak memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk menggemukkan kucing (hanya mengenyangkan).

Berikut ini beberapa merk makanan komersial yang terbukti manjur untuk menggemukkan kucing:

  1. Royal Canin Persian 30
  2. Just Right Salmon
  3. Pro Plan
  4. Maxi Cat (bagus untuk menggemukkan kucing domestik/kampung, untuk kucing ras tidak disarankan)
  5. Bolt (bagus untuk menggemukkan kucing domestik/kampung, untuk kucing ras tidak disarankan)
  6. Felibite (bagus untuk menggemukkan kucing domestik/kampung, untuk kucing ras tidak disarankan)
  7. Purevita Grain Free
  8. I’m Organic (IMO)

Jika sobat memiliki waktu untuk membuat makanan kucing sendiri, alternatif terbaik adalah memberikan raw food kepada kucing. Raw food adalah makanan alami yang kita olah sendiri seperti ikan-ikanan dan daging. Berikut ini beberapa raw food yang bisa diberikan agar kucing cepat gemuk:

  • Kepala ayam dan kulit ayam yang direbus. Berikan kepada kucing setelah di suwir atau di giling. Air hasil rebusan mengandung kaldu ayam yang juga sangat baik bagi kucing.
  • Daging ayam yang di kukus. Bagian terbaik adalah dada ayam murni. Namun karena bagian dada ayam seringkali menjadi bagian yang mahal, sobat bisa memberikan dengan mencampur bagian lain seperti paha dan kulit ayam.
  • Ikan tongkol, salem, tuna, sarden dan sejenisnya yang di kukus.
  • Lele rebus.
  • Ayam giling.
  • Daging sapi giling/dipotong kecil yang direbus.

3. Nutrisi Tambahan

Beberapa nutrisi pendukung yang bisa dijadikan tambahan adalah minyak ikan dan kuning telur. Baca artikel berikut yang mendukung:

Baca juga: Fungsi Minyak Ikan Untuk KucingCara Memberikan Kuning Telur Pada Kucing

Beberapa pecinta kucing memberikan obat atau vitamin penggemuk kucing. Beberapa obat atau produk penggemuk bagi kucing memang terbukti cepat membuat kucing gemuk. Pemberian vitamin atau obat penggemuk harus dipilih dengan bijaksana. Dikhawatirkan ada produk yang mengandung bahan kimia yang justru sangat berbahaya bagi organ tubuh dan kesehatan kucing.

Beberapa Tips Penggemukan Kucing

Agar kucing cepat gemuk, faktor utama yang harus diperhatikan adalah pemberian makanan. Supaya cepat gemuk, kucing lebih banyak membutuhkan makanan yang mengandung kalori dan protein. Jika kucing sobat sudah berusia diatas 1 tahun dan dia masih kurus, memberikan makanan anak kucing juga sangat baik bagi kucing dewasa. Beberapa dry food khusus kitten diperkaya dengan Kalori, Mineral, Vitamin dan juga Protein dimana perpaduan kandungan ini terbukti mampu menggemukkan kucing. Carilah merk makanan kucing yang mengandung zat tersebut.

Bagaimana jika sudah dilakukan hal-hal diatas namun kucing tidak gemuk? Bisa jadi ada yang salah dengan kondisi fisik kucing terutama kucing yang sudah dewasa. Beberapa kondisi gangguan kesehatan bisa menyebabkan kucing sulit gemuk. Beberapa penyakit tersebut adalah:

  • Hipertiroid
  • Diabetes
  • Masalah ginjal yang serius
  • Kanker
  • Cacingan
  • Radang mulut atau masalah gangguan kesehatan rongga mulut
  • Gangguan bakteri E.coli
  • Stres
  • Flu

Oleh karena itu jika sobat sudah berusaha mencari cara agar kucing gemuk namun tidak berhasil, sudah saatnya sobat mencari kemungkinan masalah gangguan kesehatan pada kucing tersebut. Patut diketahui dan di ingat bahwa bukan menjadi masalah jika kucing sobat tidak gemuk. Yang penting kucing sehat dan bahagia adalah hal yang lebih penting bagi kehidupan mereka. Kegemukan yang berlebihan juga malah akan memicu berbagai gangguan kesehatan pada kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *