Anak Kucing Sakit Mata
Anak Kucing Sakit Mata

Penyebab dan Tanda Anak Kucing Sakit Mata

Posted on

KucingMania.net – Anak kucing dilahirkan dengan mata tertutup. Mata mereka mulai terbuka pada usia 10 hingga 12 hari. Pada usia itu, penglihatan akan sedikit kabur. Anak kucing cenderung rabun dekat, tetapi sangat sensitif terhadap gerakan. Penglihatan akan semakin meningkat secara bertahap selama beberapa minggu ke depan. Selama proses ini, beberapa anak kucing menunjukkan gejala sakit mata. Bisa saja ini adalah infeksi mata dan infeksi mata pada anak kucing bisa berbahaya. Nah sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara menangani anak kucing sakit mata ini?

Sebelumnya mari kita mengetahui penyebab dan tanda-tanda anak kucing sakit mata ini. Penyebab anak kucing sakit mata:

  • Infeksi vagina pada induk kucing yang dipindahkan ke mata kucing saat kelahiran.
  • Kondisi lingkungan kotor ketika menjali proses melahirkan.
  • Spesies bakteri Staphylococcus, Herpesvirus dan Streptococcus menyebabkan infeksi mata pada anak kucing yang baru lahir.
  • Virus herpes kucing dan klamidia yang berasal dari induk anak kucing.
  • Bakteri Chlamydia dan Mycoplasma.
  • Virus Calicivirus.
  • Kekurangan nutrisi.
  • Cacingan.

Berikut ini tanda-tanda yang anak kucing sakit mata atau infeksi mata:

  • Kemerahan dan pembengkakan konjungtiva, atau jaringan lunak di dalam kelopak mata.
  • Kotoran mata yang berwarna jernih, putih, kuning, atau hijau.
  • Pengerasan kotoran terbentuk di kulit di sekitar mata.
  • Dalam kasus yang parah, infeksi mata dapat menyebabkan ulkus kornea (kantung nanah) pada anak kucing, yang merupakan luka di permukaan luar bola mata. Anak kucing bisa buta jika infeksi mata dibiarkan tanpa perawatan. Dalam kasus lain, kerusakan permanen dapat terjadi pada konjungtiva atau struktur mata lainnya.
  • Kelopak mata mungkin menonjol dan menutupi bagian mata yang teriritasi.
  • Kucing mungkin memiliki tanda-tanda klinis lain yang umum dengan infeksi saluran pernapasan atas, seperti bersin atau cairan hidung.

Bagaimana cara menangani anak kucing sakit mata?

Penanganan pertama untuk mengobati sakit mata pada anak kucing bisa dengan menggunakan cara berikut:

  1. Bersihkan mata kucing dengan air hangat menggunakan kapas. Bersihkan mata secara rutin menggunakan cara ini.
  2. Seduh daun sirih hingga airnya mendidih. Tunggu hingga menjadi dingin dan kemudian bersihkan mata kucing menggunakan air daun sirih ini menggunakan kapas.
  3. Salep yang bisa digunakan untuk mengobati sakit mata pada kucing adalah Terramycin dan Terra-Cortril. Cara mengoleskan hindari mengoleskan salep menggunakan tangan atau pastikan jari sobat bersih jika ingin mengoleskan menggunakan jari.

Jika sakit mata pada anak kucing tidak sembuh, sayangnya penanganan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter hewan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik lengkap dan memeriksa mata untuk ulkus kornea. Jika mata anak kucing mengerut atau berkerut, dokter hewan akan menggunakan kompres air hangat untuk membersihkan matanya dan membuatnya terbuka, lalu air garam atau air hangat dapat digunakan untuk mencuci mata. Dokter hewan akan menunjukkan cara melakukannya, dan sobat mungkin perlu mengulanginya secara berkala di rumah selama tahap awal perawatan.

Anak kucing perlu diberikan obat tetes mata atau salep setiap beberapa jam, mungkin yang mengandung antibiotik. Antibiotik oral juga dapat diresepkan jika dokter hewan merasa bahwa anak kucing memiliki infeksi saluran pernapasan atas selain infeksi mata. Dokter hewan mungkin akan memeriksa ulang anak kucing dalam beberapa hari untuk memverifikasi bahwa perawatannya berhasil.

Baca juga: Mengenali Tanda-Tanda Anak Kucing Sakit

Dokter hewan mungkin akan menyarankan agar sobat mengganti tempat tidur anak kucing setiap hari, dan untuk mencegah penularan, lakukan dengan lembut mencuci puting induk kucing dengan air hangat dan mengeringkannya secara berkala untuk mengurangi penularan penyakit infeksi mata diantara anak kucing lainnya.

Untungnya, sebagian besar anak kucing berhasil melewati masa kecil dengan masalah mata ringan. Namun, harus diwaspadai bahwa anak kucing sakit mata ringan dapat berubah menjadi serius dengan sangat cepat. Selalu hubungi dokter hewan jika anak kucing Anda memiliki masalah dengan mata.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar