7 Hal yang Tidak Disukai Kucing

Sebagai mahluk hidup, kucing memiliki berbagai kebutuhan seperti makanan, minuman dan perhatian. Dengan segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh kucing, ada juga lho beberapa hal yang tidak disukai kucing. Dan hal-hal tersebut dijamin bisa membuat kucing sobat bete.

Kita sebagai pemilik tentu harus tanggap dan paham apa saja hal-hal yang tidak disukai oleh kucing kita. Nah mungkin sobat belum terlalu memahami apa saja yang biasanya kucing tidak suka dari kita sebagai pemiliknya atau lingkungan tempat tinggalnya. Saya akan memberikan beberapa hal yang tidak disukai kucing dari pemiliknya dan lingkungan sekitarnya.

1. Tidak Suka Kebisingan

Hampir semua kucing sangat menyukai suasana lingkungan yang tenang. Kebisingan atau hal-hal yang berisik membuat kucing tidak nyaman. Suara musik yang keras, suara petir, ledakan kembang api dan berbagai keributan lainnya akan memicu stres pada kucing.

Seorang kenalan di komunitas pecinta kucing yang saya ikuti menceritakan bahwa salah satu kucingnya mengalami stres hebat dan pada akhirnya kehilangan nyawanya karena sangat terganggu dengan suasana malam tahun baru yang heboh. Ledakan kembang api dan hiruk-pikuk yang terjadi di sekitar lingkungannya membuat kucing berlarian kesana kemari mencari perlindungan harus berakhir tragis.

2. Benci Persaingan

Hal berikutnya yang tidak disukai kucing adalah bersaing. Beberapa kucing sangat tidak menyukai persaingan dengan kucing lain terutama kucing baru yang berada di teritorialnya. Sebuah hal yang wajar kucing akan merasa terancam jika ada kucing pendatang baru di lingkungannya. Perkelahian bahkan bisa terjadi jika kucing “senior” di wilayah tersebut meraca terancam dengan kehadiran kucing pendatang baru.

Hal ini berlaku bagi kucing peliharaan sekalipun. Jika sobat membawa kucing baru di rumah, kucing “senior” akan merasakan ancaman dari kucing pendatang baru tersebut. Jika pada akhirnya para kucing bisa saling menerima dan beradaptasi dengan baik tentu tidak menimbulkan masalah.

Yang Tidak Disukai Kucing
Kucing tidak suka persaingan

Namun beda lagi masalahnya jika para kucing ini sulit beradaptasi satu sama lain, maka persaingan akan muncul diantara mereka. Seperti memperebutkan makanan, ruang dan bahkan perhatian dari pemiliknya. Efek terburuk adalah munculnya agresi diantara mereka dan bahkan bisa saja salah satu kucing pergi meninggalkan rumah tersebut.

3. Tidak Suka Dibelai Bagian Tertentu Di Tubuhnya

Sebagai hewan yang sangat menyukai aktifitas pembelaian, sobat juga harus memahami jika pada bagian tertentu di tubuhnya kucing tidak suka dipegang atau dibelai. Teriakan atau bahkan gigitan serta cakaran bisa kita terima jika kita membelai bagian tubuh tertentu.

Kucing Suka Menggigit
Panduan elus-elus Kucing

Bagian tubuh yang kucing tidak suka untuk dipegang dan dibelai adalah bagian bawah perut, kaki, paw (bantalan kaki) dan ekor. Sedangkan bagian yang disukai untuk dibelai adalah leher, kepala dan punggung. Jika ingin main “aman”, belai saja kepada dan lehernya.

4. Diberi Obat

Saat memberikan obat kepada kucing adalah saat yang penuh tantangan. Terutama memberikan obat berbentuk pil. Kucing pun dipastikan tidak akan menyukai diberi obat terutama yang memiliki rasa pahit!

Ketika kucing sakit dan kemudian membutuhkan pemberian obat-obatan, tentu kita sebagai pemilik harus dengan sabar bisa memberikan obat tersebut dengan cara sebaik mungkin agar kucing tidak makin stres.

5. Benci Makanan Busuk

Sama seperti kita, kucing juga sangat membenci makanan yang sudah busuk atau kadaluarsa. Selain berbahaya bagi kesehatan kucing, memberikan makanan busuk dan kadaluarsa kepada kucing adalah tindakan yang kurang baik.

Mungkin sebagian orang berpikir “ah cuman kucing saja, beri makanan sisa-sisa yang ada di kulkas” atau “makanan ini sudah bau, berikan ke kucing saja“. Janganlah kita memiliki pemikiran seperti ini. Bagaimanapun kucing sebagai mahluk hidup juga berhak menikmati makanan sehat dan layak.

6. Benci Kotak Pasir yang Kotor

Hal penting berikutnya yang tidak disukai kucing adalah kotak pasir yang kotor. Rajin-rajinlah membersihkan pasir pembuangan kotoran kucing. Lakukan pembersihan idealnya dua kali sehari dan minimal 1 kali dalam sehari. Kucing sangat tidak suka jika kotak pasirnya banyak kotoran.

Akibat terburuk jika kotak pasirnya terlalu kotor adalah kucing bisa saja buang kotoran sembarangan. Kotak pasir yang kotor juga memiliki resiko menjadi sarang berbagai bakteri dan parasit berbahaya yang bisa menyerang kucing atau bahkan manusia. Contohnya adalah parasit Toxoplasma gondii.

Baca juga: 8 Hal yang Disukai Kucing

Kucingmania.net

7. Kesepian

Secara umum kucing adalah hewan yang mandiri. Kucing adalah hewan yang mudah untuk ditinggal dalam jangka waktu lama. Asalkan semua kebutuhannya sudah disiapkan (seperti makanan, minuman serta kotak pasir yang cukup) kucing dengan mudah akan mampu “melayani” diri mereka sendiri.

Meskipun begitu, kucing sangat tidak suka kesepian terutama jika kita meninggalkan mereka terlalu lama. Sebagian besar kucing sangat menyukai pehatian dan cinta dari pemiliknya. Jika sobat terlalu sering meninggalkan kucing sendirian dalam jangka waktu lama, stres dan depresi bisa menjangkiti kucing.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar